Rabu, 27 Juni 2012

Inidia mainan lawas waktu kecil yang ( Jadul ) yang mulai langka dan jarang ada dipasaran, banyak kenangan waktu kecil dengan mainan mainan ini, sedikit mengingat masa kecil yang mulai terkoyak zaman  :

1. Ular Tangga


Mainan yang sangat simpel dan menyenangkan. Tujuannya adalah jalanin koin/pion kamu dari kotak nomer 1 sampe ke kotak nomer 100. Kalo ketemu tangga, kamu bisa langsung skip ke kotak ujung tangganya. Tapi kalo kamu kena kepala uler, berarti kamu musti turun ke kotak ekor uler. Simpel kan? Tapi pas dimainin sih seru, soalnya bisa aja temen kamu udah unggul jauh, tiba-tiba kena uler gede dan mundur jauh, sementara kamu ngebut karena dapet tangga terus.

2. Damdas ( Checkers )

Ini mainan kalo sama bule sih disebutnya Checkers, tapi kalo bahasa Indonesianya (kalo gak salah) Damdas. Cara mainnya mirip-mirip sama catur, yaitu bikin lawan kalah karena gak bisa gerak lagi, atau semua pionnya udah abis kamu makan. Cara jalanin pionnya adalah diagonal, ngikutin kotak yang waranya sama, atau bisa juga kamu sambil “ngelompatin” pion lawan dan sekalian makan pionnya itu. Kalo jago, kamu bisa “ngelompatin” beberapa pion lawan dalam satu giliran.

3. Halma


Kalo halma, tujuannya adalah mindahin semua pion kamu ke kandang yang satunya lagi. Misalnya pion kamu merah, kamu musti mindahin semua pion dari kandang merah tempat kamu mulai, ke merah yang ada di seberang kamu. Siapa yang bisa duluan mindahin semua pionnya, dia yang menang. Setiap giliran, kamu boleh majuin satu pion satu langkah. Waktu awal-awal emang gak seru sih, cuma maju dikit-dikit, tapi kalo pion-pionnya udah banyak yang keluar, kamu bisa loncat-loncat juga, kayak main damdas. Tapi disini bedanya gak ada makan pion lawan.

4. Ludo

 

Ludo juga tujuan mainnya mirip sama halma, yaitu kamu musti mindahin pion kamu ke kandangnya. Tapi ludo mainnya pake dadu dan peraturannya lebih rumit. Untuk ngeluarin satu pion ke arena, kamu musti ngeluarin angka 6 dulu di dadu. Terus misalnya kalo pion lawan jalan dan berenti di kotak yang ada pion kamu, berarti pion kamu musti balik kotak awal. Waktu buat main ludo ini lumayan lama dibandingin board game yang lainnya, tapi emang lebih seru sih.

5. Congklak


Nah, kalo yang ini, mungkin kamu sendiri gak kenal nih! Hayo ngaku, siapa yang gak pernah main congklak waktu kecil!

Inti dari permainan ini adalah mindahin butir-butirnya itu ke lobang yang ada di samping itu. Kamu sama lawan kamu banyak-banyakan buat menang. Setiap lobang, kecuali dua yang di samping bakal diisi 7 butir, terus kamu mulai giliran kamu dengan milih lobang mana yang mau kamu kosongin, dengan ngambil semua isinya dan masukin ke lobang-lobang sebelahnya satu persatu sesuai dengan arah jarum jam. Kalo kamu berenti di lobang yg kosong, giliran kamu berenti. Kalo ada isinya, lanjut lagi dengan ngambil semua butir di lobang itu.

6. Perahu Kaleng

mainan-jadul 

Mainan jadul perahu kaleng yang memiliki bunyi khas seperti suara mengelotok ketika sedang dimainkan. Mainan yang tergolong jadul, sudah ada sejak saya masih kecil.Dengan harga Rp5000 kita sudah bisa membawa pulang mainan perahu kaleng ini. Tidak memakai baterai untuk menjalankan perahu kaleng mainan ini, melainkan dengan api yang diberi sedikit minyak goreng dan air, perahu kaleng sudah bisa dimainkan. Cukup di dalam baskom air, perahu kaleng sudah bisa dimainkan, dengan bunyi mengelotok yang khas menjadi daya tarik tersendiri dari mainan ini. Mainan yang cukup murah meriah dan merakyat menurut Cybermales

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini