Selasa, 17 Juli 2012

Setangkai anggrek akan lebih terkesan romantis dan bernuansa menyejukan hati bagi yang menerimanya entah itu pacar, sahabat atau orang orang yang disayangi, Anggrek tumbuhan indah yang sulit diungkapkan keindahan dengan kata kata, ciptaan Tuhan yang sangat cantik, tapi anggrek tidak akan mudah dinikmati oleh kalangan tertentu, selain langka juga jenisnya sulit didapat seperti Anggrek Dendrobium lasianthera, aggrek ini kadang disebut juga sebagi anggrek stroberi.

Anggrek Dendrobium lasianthera merupakan anggrek yang hidup di Indonesia seperti Papua dan Papua New Guinea. Di Indonesia dikenal sebagai anggrek stuberi, stroberi. Dalam bahasa Inggris biasa anggrek ini dikenal sebagai Wooly Pollina Dendrobium, atau dengan nama varietasnya semisal May River Red dan Sepik Blue.

anggrek-langka 

Anggrek Dendrobium lasianthera merupakan tanaman epifit yang tumbuh di daerah lembab dan membutuhkan banyak cahaya. Di alam liar biasa ditemukan hidup di sekitar daerah aliran sungai, rawa-rawa, dan hutan di dataran rendah Papua.

Ukuran tanaman anggrek Dendrobium lasianthera cukup besar, bisa mencapai lebih dari 1 meter. Anggrek ini mempunyai bunga yang indah. Dalam satu tandon bunga bisa muncul antara 10 – 30 kuntum bunga. Warna bunganya pun sangat bervariasi mulai dari merah, putih, biru, dan kekuningan dengan gradasi indah.

Masing-masing varietas anggrek ini mempunyai gradasi warna yang berbeda. Pada varietas May River Red memiliki warna kuning kecoklatan pada dasar bunga dengan semburat warna merah tua ditengahnya serta warna kuning tipis pada tepi kuntumnya. Pada varietas Sepik Blue dengan warna putih dan merah kecoklatan pada bagian tengah dengan labellum berwarna ungu kebiruan. Untuk varietas Veronica Somare mempunyai warna putih pada bagian tengahnya yang bergradasi warna kuning dan ungu kemerahan pada ujungnya.

Anggrek Dendrobium lasianthera


Anggrek Dendrobium lasianthera ini memang sangat indah, elegan  dan menawan. Akan lebih baik dilestarikan sebagai kekayaan alam dari bumi katulistiwa ini..

Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Liliopsida. Ordo: Asparagales.
Famili: Orchidaceae.
Genus: Dendrobium.
Spesies: Dendrobium lasianthera.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini