Senin, 18 Maret 2013

Cara Buat Empek Empek Palembang

Berhubung banyak email yang bertanya kok blog anak palembang tidak pernah posting makanan khas dari palembang? ini saya buatkan postingan cara membuat empek empek asli wong Palembang. Untuk bahan ikan pada empek empek palembang bisa disesuaikan saja, yang terbaik dan hasilnya pempek putih adalah ikan tengiri, ikan belida, ikan gabus, ikan parang parang. Untuk ikan lain bisa saja seperti ikan sarden, ikan patin, tapi untuk ikan bersisik seperti ikan mas, ikan gurame jarang digunakan sebagai bahan empek empek palembang.

cara buat empek empek palembang

Bahan empek emepek Palembang
Untuk Bahan ikan :

1. Ikan tenggiri 1 kilogram, bersihkan semua isi perutnya termasuk tulang durinya.
Pisahkan kulit dan dagingnya, lalu dihaluskan dengan cara digiling.   ( jika tidak ingin repot minta gilingkan  dipasar ikan )


2. Bumbu yang harus dihaluskan :
   12 butir bawan merah
   10 siung bawang putih
    1 sdt merica

3. Bahan campuran ;
   400 gram tepung kanji/sagu
   2 sdt garam
  
4. Bahan saos atau Cuko empek empek palembang  :

    5 siung bawang putih
    15 buah cabai rawit
    1 sdt garam
    150 gram gula merah
    2 sdt air asam jawa
    3 sdm cuka
    300 ml air matang
 
Cara membuatnya :

  • Campur ikan dengan bumbu yang sudah dihaluskan beserta tepung sagu/kanji dan garam.
  • Aduk adonan sampai rata dengan tangan. 
  • Ambil sebagiab adonan, bentuk memanjang kira kira 20cm. lalu gulung gulungkan, bentuk sampai menjadi beberapa gulungan. ( mirip lontong rebus )
  • Panaskan air hingga mendidih, masukan bahan empek empek yang sudah terbentuk tadi kedalam air mendidih satu persatu atau ( secukupnya ) tidak harus semuanya tergantung besarnya panci buat merebusnya.
  • Cukup 2 atau 3 potong karena nantinya empek empek mengembang besar, jika terlalu padat nanti akan melekat satu sama yang lain, usahakan tetap terpisah. biar tidak repot nantinya.
  • Tunggu hingga bahan empek empek tadi mengambang diatas air mendidih, ( supaya yakin sudah matang ) ambil satu buah lalu potong/belah dua, jika masih kelihatan putih berarti belum matang dalamnya, masukan lagi kedalam rebusan.
  • Jika yakin semua sudah matang, angkat dan dinginkan.
  • setengah dingin baru dipotong potong 2cm sd 3cm, lalu digoreng diatas minyak panas yang mendidih, tunggu hingga agak kekuningan, lalu angkat dinginkan.
  • Untuk bagian saosnya atau cuka/cuko empek empek, ini yang paling menentukan enaknya makan empek empek ala wog palembang, makin pedas makin sip.
Cara membuat cuko empek empek palembang :

  • Haluskan bawang putih, cabe rawit.
  • Campurkan dengan gula merah, asam jawa, cuka putih 1 sdt, dan air matang.
  • Masak hingga mendidih, beri gaeam secukupnya sambil dicicipi hingga rasa pas. ( artinya tidak terlalu manis atau terlalu asam ) tapi rasa pedas yang enak.
  • Saring rebusan cuko emepek empek tadi. ( atau biarkan dalam satu wadah ) ambil secukupnya.
  • Sajikan empek empek yang sudah digoreng dan dipotong potong bersama cuko dalam satu wadah seperti mangkok, secukupnya.
  • Beri irisan mentimun dan taburi dengan udang rebon halus, biar lebih mantep tambah mie kuning ( di Palembang disebut rujak mie )
  • Siap disantap empek empek wong Palembang tadi.
resep empek empek palembang

Catatan :

Jika ingin membuat empek empek isi telur, tinggal dibentuk saja adonan dan diisi dengan telur, lalu katupkan dan direbus. Usahakan membentuk ukuran adonan sedang saja sebelum direbus, karena ketika direbus empek empek akan mengembang.

Dalam praktek membuat empek empek palembang tidak semua langsung berhasil, sering uji coba pasti nemu yang mantap. Kunci dalam merasakan enaknya empek empek Palembang adalah rasa yang pas, cuka atau cuko yang pas bukan manis tapi asam dan pedas. Jika terlalu pedas kurangi cabe rawitnya jika kurang pedas tambah lagi cabe rawitnya.

Ini jawaban dari email sobat yang menanyakan resep emepek empek Palembang.
Selamat mencoba.

Related Posts:



19.25.00

2 komentar:

  1. Buat lebaran paling sip, buat bisnis lebih sip, makasih
    bang atas kunjungannya...

    BalasHapus

This Blog Member Of : DMCA, Kaskus, Viva, Lintasme, Kompasiana