Sabtu, 02 Maret 2013

Kartu Merah hal paling menyakitkan buat pemain sepakbola, kartu kuningpun membuat pemain sedikit drop apalagi dibabak final kejuaraan. Tahu tidak kenapa mesti ada kartu merah dan kartu kuning dalam permainan sepakbola? Kembali ke tahun awal sepakbola, sepak bola telah dipertandingkan sejak abad 19, namun penggunaan kartu meahg dan kartu kuning baru diberlakukan di pertengahan abad 20.Ini berawal dari kisah pada kejuaraan Piala Dunia 1966.Pada pertandingan perempat final antara tuan rumah Inggris dan Argentina kebetulan wasit yang memimpin pertandingan berasal dari Jerman yaitu Rudolf Kreitlein.


Karena melakukan pelanggaran keras, kapten tim sepakbola Argentina Antonio Rattin,harus dikeluarkan oleh wasit Kreitlein. Karena masalah perbedaan bahasa membuat hal ini sulit.

sejarah kartu merah dan kuning sepakbola
Wasit Rudolf Kreitlein asal Jerman ini hanya tahu bahasa Jerman dan Inggris,sementara sang kapten arhentina Rattin tak paham apa maksud wasit asal Jerman itu.Dia pun tak segera meninggalkan lapangan.

Wasit Inggris yang ikut bertugas di pertandingan itu, Ken Aston kemudian masuk ke lapangan. Dengan sedikit memahami bahasa Spanyol, dia menerangkan pada kapten Rattin untuk meninggalkan lapangan pertandingan.
Karena kejadian Ken Aston kemudian berpikir, Harus ada komunikasi universal yang bisa langsung diketahui semua orang, ketika wasit harus memberi peringatan kepada pemain atau mengeluarkannya dari lapangan.Dengan demikian, wasit tak perlu harus membuat penjelasan dengan bahasa yang mungkin tak diketahui pemain.
Pada Suatu hari Ken Aston berhenti di perempatan jalan.Kemudian melihat lampu lalu lintas, Lalu muncul dibenaknya akan ide lampu lalulintas. kartu berwarna dan kartu merah dan kuning. idenya bila pemain sepakbola melakukan pelanggaran harus diberi peringatan keras, maka kartu kuning harus diberikan. Sementara kartu merah diberikan pada pelanggaran yang berat,dan pemain yang melakukan pelanggaran berat itu harus keluar dari lapangan dengan kartu merah.

Meskipun ide tersebut datang dari wasit Inggris, negeri itu tak serta merta menerapkannya di kompetisi mereka.Kartu merah dan kuning baru digunakan di kompetisi sepak bola Inggris pada 1976.Karena pemahaman kurang wasit kemudian terlalu mudah mengeluarkan kartu merah dan kuning dan banyak diprotes oleh pemain.Dan penggunaannya sempat dihentikan pada 1981 dan 1987.

Bahasa Universal buat pemain sepakbola

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Visitor

Popular Posts

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971