Tata Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Sendiri

75 comments
Hal yang paling dianggep ribet dan repot oleh pemilik kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat adalah
disaat pajak kendaraan mau habis atau mau membayar pajak kendaraan bermotor. Buat yang sudah terbiasa mungkin tidak ada masalah tapi buat yang baru mencoba membayar kendaraan bermotor sendiri pasti berpikir, apa yang harus dibawa, gimana urutan dan caranya.? apalagi Membayangkan orang yang padat pada kantor SAMSAT atau juga SAMSAT Corner yang biasa tersedia di MAll di tiap kota.

Tidak usah bingung membayar pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan sendiri dan caranya juga mudah kok. Hal pertama yang harus kita lakukan jika ingin membayar pajak kendaraan bermotor ialah melengkapai syarat-syarat yang diperlukan seperti :


cara membayar pajak kendaraan bermotor sendiri

1. KTP asli ( Kartu Tanda Penduduk ) dan masih berlaku yang sesuai dengan data pemilik motor di STNK.
2. Buku BPKB ( Bukti Kepemilikan Kendaraan bermotor )
3. STNKA asli.
4. foto copy semua masing masing 2 lembar dan dijadikan satu ( usahakan sebelum anda ke kantor SAMSAT )
5. Jika semuanya sudah lengkap, maka pertama-tama anda mengambil formulir dulu.
6. Setelah anda mendapatkan formulir anda isi sesuai contoh yang ada disana.
7. Jika selesai anda harus membeli map khusus yang dipakai untuk memasukkan berkas atau syarat tersebut, biasanya sudah    ada dikantor SAMSAT setempat.
8. Setelah semuanya selesai anda mengambil nomor antrian yang berada di dekat pintu masuk, tunggu hingga nomor antrian anda di panggil.
9. Jika nomor antrian anda dipanggil, serahkan berkas yang di sudah disiapkan dalam map tersebut.
10.Duduk untuk menunggu nama anda (yang sesuai KTP) dipanggil untuk membayar biayanya.
11. Setelah membayar maka anda akan diberikan bukti pembayaran yang berfungsi untuk mengambil STNK yang sudah di perbaharui.
12. Duduk lagi dan tunggu sampai  nama anda dipanggil kembali.
13. Tunggu panggilan dan berikan bukti pemyaran dan STNK yang baru bisa diambil tadi.
14. Selesai

Mudah bukan?

75 comments

kalo motor atas namanya KTP ayah, tapi yang bayar anaknya gimana? KTP anak gak usah ya? cuma KTP pemilik aja?

@Galuh Restu Perwirawan:

Bener, Klo buat bayar pajaknya saja dengan kata lain belum harus ganti STNK dan plat baru bisa kok, Dengan Catatan KTP Asli dan Sesuai Nama Dengan yang tertera pada STNK..

pak kalau pakai SIM C bisa gak soalnya KTP saya sudah pindah domisili kalau SIM C belum, SIM C masih sama alamatnya dengan STNK. Gimana nih???

pak kalau pakai SIM C bisa gak soalnya KTP saya sudah pindah domisili kalau SIM C belum, SIM C masih sama alamatnya dengan STNK. Gimana nih???

@jose, tergantung dari pihak Samsat ( Pembantu ) tempat anda membayar pajak, SIM C bisa digunakan jg asal saat membayarnya di SAMSAT pusat bukan SAMSAT pembatu.

mas kalo jatuh tempo untuk pajak kendaraan bermotor berapa hari ya? ada UU atau peratura pemerintahnya ga? dan jika kondisi kita bayar pajak pd saat jatuh tempo apakah nantinya akan dikenakan denda atau sanksi? makasih mas :)

@ramdhani_ph, jatuh tempo sesuai tanggal massa berakhir pajaknya sobat, jika saat membayar pas tanggal terakhir tidak kena denda kok, tapi yang perlu diingat jika masa berlaku pajaknya pas hari sabtu atau tanggal merah mending diusahakan pajak dibayar sebelumnya.

Pa, jika membayar pajak kendaraan menggunakan fotocopyan ktp sang pemilik kendaran gimana ya? soalnya ada hal yg penting jg, dan kondisinya seperti ini, :)

@ramdhani_ph, sebaiknya yang asli dibawa juga sobat untuk memverifikasi dengan KTP aslinya, gak lama kok paling lama 15 menit tuh, jadi rela relain deh bawa yang aslinya.,demikian

misalkan saya pindah penduduk dan alamat di STNK saya masih alamat yang lama tapi nama masih nama saya, bagaimana cara saya membayar pajaknya..? apakah bisa dengan menggunakan KTP saya yang sekarang..? BPKB masih di dealer..

@Praztmath, Untuk sobat yang pindah alamat rumah dan KTP baru ada baiknya membuat KTP pengantar yang dibuat sementara dari Kecamatan, tapi jika sobat pindah alamat masih berdomisili di kota yang sama ada baiknya tetap menggunakan KTP yang alamatnya sama dengan yang tertera pada STNK jika tidak ingin repot, atau jika masa berlaku STNK ( sudah tahun terakhir) atau kolom tanda tangannya sdh penuh mendingan BBN dengan alamat baru biar tidak repot.

pak kalau misal nya motor saya berdomisili di mojokerto terus saya bayar di surabaya bisa gak ya? tapi motor atas nama saya sendiri kok
trims

@gigih melodic,

Selagi masih dalam satu kota pembayaran bisa langsung, tetapi jika sudah berada diluar wilayah / daerah pembayaran pajaknya harus ditempat yang menerbitkan STNK nya yaitu pusat SAMSAT didaerah tersebut walau sesuai KTP dengan pemiliknya.

Biasanya ada SAMSAT pembantu ditiap daerah dan kabupaten.

Demikian.

mohon info...apa benar utk pembayaran PKB saat ini tidak perlu syarat BPKB asli ? terima kasih

@ysh2012,

Untuk membayar PKB yang belum habis masa berlakunya STNK bisa langsung tanpa BPKB asli, cukup fotocopynya saja.

Akan tetapi jika masa berlalunya habis dan harus ganti Plat dan STNK baru maka harus dibawa BPKB aslinya.

Demikian.

pak kalo pakai KTP Copy gmn ya? soalnya kendaraan belinnya tangan ke 2.kalo syarat yg lain sih lengkap (BPKB Asli, STNK asli)

@Arifin Latif,

Sebenernya bisa asal KTP masih berlaku, tergantung petugas SAMSAT didaerah Bpk, Tapi baiknya mending langung BBN atas nama Bpk jadi dikemudian hari tidak repot.

KTP asli diperlukan untuk verifikasi data..karena ada sebagian wajib pajak yang memalsukan KTP yang telah habis
masah berlakunya lewat Scanner.

Demikian semoga membantu.

pak, kalau bayar PKB saja ,tapi masa berlaku STNK masih lama sementara KTP saya sudah pindah domisili bisa ngak mengunakan KTP yang sekarang saya tinggal

@Ahmad Jazuli,

Secara resminya tidak bisa Pak, karena beda dengan alamat yang tertera pada STNK yang mau dibayar, jika bapak membayarnya pada kantor SAMSAT pusat dikota bapak biasa ada toleransi jika bpk masih memiliki fotocopy KTP yang sesuai dengan yang tertera pada STNK, biasanya bapak diminta mengurus surat pengantar dari kecamatan mengenai bahwa bahwa bapak domisilinya pindah alamat.

Tinggal kebijaksanaan petugas SAMSAT setempat.
demikian bapak semoga bisa dipahami.


klau stnk mtor yg asli hilang gmna ?
bisa gak bayar pajakny ?
carany gmna ?

@inda pratiwi

Klo STNK hilang agak repot mbak, harus buat laporan hilang dahulu di Polsek, Polres atau Polda setempat. Setelah berkas laporan hilang selesai, nanti dibawa untuk mengurus / mengeluarkan STNK baru di Kantor SAMSAT.

Agak sulit memang prosesnya mbak, tapi sebagai pelajaran deh agar lebih berhati hati, walau kececer, rusak atau kecopetan prosesnya sama, yang buat lama kadang dari petugas ditempat buat laporan hilang.

Semoga berguna buat yang lain dengan masalah yang sama. terima kasih atas kunjungannya ke blog ini.

Pak klo saya tlat bayar pajak.PKB nya 170 kira2 dendanya brpa y pak.trus cr pembayarannya rumit tidak...n kira2 total yg hrus dibayar berapa.mksih

Wah kenapa telat broo, untuk denda tidak mahal kok tambahkan saja dari nilai yang ada, paling besar 10 persen dari itupun masih dalam bulan masa akhir pajak, trus lihat juga mesti ganti plat + stnk tidak? untuk proses pembayaran tidak rumit.

Kalkulasinya tinggal tergantung SAMSAT dikota anda. Makasih sudah berkunjung ke nlog saya.

Pal.klo PKB Nya sja tlt bayar pajak.polisi berhak menilang apa tidak.n bagaimana jika polisi menilang gara2 PKB Trsbut?? Mksh

Telat bayar berarti mati pajak dong..!!
Syarat utama berkendaraan, memiliki izin Sim dan STNK yang masih berlaku ( sudah bayar pajak / pajak kendaraan msh berlaku ) broo.

Mati pajak berarti syarat tidak terpenuhi untuk syarat berkendaraan, jadi Polantas memiliki wewenang utk memberikan sanksi tilang.

Mending dibayar deh jadi lebih nyaman dijalan.
Toh ada untungnya kok, selain ada jaminan dari jasa raharja jika terjadi musibah, juga gak mengganggu jadwal apel malem minggu.



pak,maaf saya mau nanya aga beda dikit,,klo masalah faktur2 pembelian gtu pengaruh ga ke memperpanjang STNK,,GANTI PLAT NO 5 TAHUN gtu?
soalnya saya beli motor second,,y yg saya dpt kan cuma STNK ASLI,,BPKB ASLI,,,kata temen hrus punya faktur,,,apakah penting faktur2 pembelian itu dlm mprpajang stnk,,bbn..ganti plat no 5 tahun itu

@Roni Ogut,

Maaf sebelumnya, Faktur disini maksudnya faktur yang dikeluarkan oleh pihak ATPM (pabrik) atau lebih mudah dipahami faktur dari dealer kendaraan pada waktu pembelian awal kendaraan, fungsinya untuk mendapatkan BPKB dan STNK resmi dari SAMSAT.

Fungsinya untuk validasi kendaraan mulai dari tahun pembuatan, nomor rangka, nomer mesin, kapasitas kendaraan dan nama kendaraan asli,

Jadi sangat penting, jika faktur tidak ada baiknya bapak tanyakan lagi dengan penjual, seandainya hilang itupun harus ada laporan hilang dari pihak kepolisian.

Saat ini BPKB dan STNK aspal / palsu banyak dibuat pelaku kriminal pencurian kendaraam, walau No rangka dan NO mesin sama persis.
Jadi proses pembayaran pajaknya akan sulit.

Coba bapak tanyakan dengan pihak SAMSAT diwilayah bapak, jika memang datanya ada bapak akan dibuatkan BPKB duplikat tapi prosesnya lama bisa satu bulan bahkan bisa satu tahun dan biayanya mahal.

Demikian bapak semoga bisa membantu, lain kali buat sobat semua agar lebih berhati hati jika membeli kendaraan bekas.

ngambil formulir pendaftaran bayar g?
di tebing tinggi ko bayar yc
tp di minta kwitansi mereka ko ga mw ngasih?

pak kalau BPKB & STNK kendaraan atas nama kakak saya, jadi saya mau bayar pajak kendaraan & peranjang STNK, skrg kakak saya sudah d luar provinsi domisili saya jadi tindakan saya harus bagaimana ya pak? mungkin proses agak rumit karena sudah beda prov. ya pak?
trims.

Selagi nama pada STNK dan BPKB serta Fotocopy KTP masih dalam areal tempat terbitnya STNK tidak masalah, artinya walaupun yang membayarkan pajak atau memperpanjang pajak kendaraan bukan yang punya atau diwakilkan..bisa kok tidak masalah..

Kecuali nantinya jika STNK dan Plat Kendaraan harus ganti, maka harus dengan KTP asli bukan fotocopy itupun tergantung kebijakan SAMSAT setempat,.

Demikian harus dimengerti.

Mas bro.. Kalau saya pindah domisili (Bekasi) dan KTP sudah domisili baru, tapi kendaraan masih alamat yang lama (Jakarta Selatan). Apa bisa di bayar pajaknya? Atau harus Mutasi?
Kalau Mutasi, berapa biayanya?

Nb: Kendaraan Atas Nama Sendiri dgn domisili lama (Jakarta Selatan)

Thanx Mas bro..

JIka identitas diri berupa KTP telah berubah maka ada baiknya dilakukan mutasi Mas Boy biar tidak repot dikemudian hari..biayanya beda di tiap daerah bisa ditanyakan langsung dengan SAMSAT terdekat dengan lokasi Mas Boy.

Untuk biaya tergantung dengan tahun keluar produksi dan tipe kendaraan,
Biaya BBN nantinya tertera di STNK jika telah selesai.
Demikian yang bisa saja jawab..

mas mau nanya nih,klo bayar pajaknya ga pake BPKB boleh gak ya? tapi STNK sama KTP nya ada.

BPKB ada tidak? maksudnya hilang atau memanf tidak ada?
Jika cuma membayar pajaknya bisa kok, selagi belum habis masa berlakunya.
Jangan lupa membawa fotocopy BPKB nya.

Tapi jika BPKB tidak ada, masa berlaku STNK dan Plat Kendaraan bermotor habis masa berlakunya tidak bisa kawan, karena BPKB adalah bukti otentik kepemilikan kendaraan..karena dari situlah datanya yang harus terverifikasi buat menerbitkan STNK.

Demikian jawaban saya, semoga bisa dipahami.,dan tak lupa terima kasih atas kunjungannya ke bloh saya ini.

terima kasih...rajamenyok.blogspot - univteacher.blogspot

pak, apabila kami mebeli mobil dari jakarta dan kami bawa ke jambi. dan plat mash memakai plat jakarta, pembayaran pajaknya bgaiman

Untuk pembayaran pajaknya tetap harus ke jakarta Pak, tapi alangkah baiknya jika memang bapak berdomisili di luar provinsi tempat tertibnya STNK dan BPKB, lebih baik dimutasikan atau BBN saja dikota bapak tinggal sekarang..Jambi misalnya.

Atau jika bapak mempunyai saudara di Jakarta bisa saja dititipkan dengan saudara bapak untuk membayarkan pajaknya, itu juga harus dilengkapi KTP pemilik asal kendaraan,

Demikian bapak, semoga bisa dimengerti..dan terima kasih sudah mampir di blog anak Palembang ini,

saya beli motor seken dan KTP pemilik aslinya gak ada , soale sudah kehilangan jejak pemilik aslinya (pemilik asli gak bisa dihubungi).
kira2 bagaimana pak ?

Baiknya bapak langsing BBN atau bea balik nama atas nama bapak sendiri,itu tidak memerlukan KTP pemilik asal kendaraan. Silahkan diurus bapak tidak repot kok petugas juga pasti juga mengerti.begitu bapak semoga bisa dimengerti.

Pak kalo bayar pajak yg tahunan tp blm ad bpkb (kan motornya kridit) itu gimana pak???
Mohon pencerahanya

Bisa kok, sobat minta keterangan dari leasing tempat mengambil kreditnya, nanti mereka siapkan berkasnya. Minta keterangan dan berkas untuk membayar pajaknya. Baru sobat bawa ke SAMSAT di tempat sobat tinggal.

Atau jika tidak mau repot, Biasanya pihak leasing bisa membantu membayarkannya, jadi sobat tinggal membayar dengan leasingnya tidak harus ke SAMSAT.

Demikian semoga mengerti.

mas rata rata biaya untuk mutasi dari pemilik pertama di Majalengka ke pemilik kedua kota bandung, biayanya berapa yaa, terima kasih sebelumnya ??? dan bagaimana prosesnya, apa yang harus saya siapkan

mas biaya mutasi, proses dan berkas yang harus saya siapkan untuk mutasi dari pemilik pertama di majalengka ke pemilik kedua di kota bandung berapa dan bagaimana yaa, terima kasih,

Syarat mutasi tidak banyak kok, BPKB dan STNK asli kendaraan,KTP asli pihak kedua tempat bermutasi. Untuk biaya tergantung jenis kendaraannya dan bisa ditanya ke pihak SAMSAT Wilayah kendaraan mutasi ( mis: Bandung ). Prosesnya mungkin sedikit memakan waktu karena untuk memastikan valid tidaknya data asal kendaraan.

Demikian jawaban saya.

Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

maaf mas. saya td sudah berusaha membayar pajak yg habis 5 tahun dan harus ganti plat. saya ingin belajar dan tw. supaya tidak bergantung pd calo. ketika saya ke samsat saya lgsg cek fisik dan saya kasih berkas ternyata alamat saya beda krn kebijakan tempat saya yg merubah alamat rumah. jd di ktp baru dgn stnk dan bpkb berbeda. saya disuruh pindah alamat di bbn. saya sudah mondar-mandir untuk memenuhi berkas pindah alamat dan disuruh minta surat pernyataan pindah alamat. sesudahnya saya memberikan berkas2 itu kekonter 4. dan saya mendapat kertas kecil dan saya disuruh ke konter 5. tiba2 dikonter 5 saya disuruh dtg tiga hr lg. dan saya mau tanyakan apa yg hrus saya lakukan setelah 3 hr kemudian tersebut. apakah saya hrus cek fisik ulang? atau itu sudah termasuk didalam pergantian stnk dan plat baru?

Harusnya gak rumit bang, setelah cek fisik Nomer Rangka dan Nomor Mesin selesai, proses sudah bisa dilakukan.

Jika langsung BBN ( bea balik nama ) dengan KTP baru juga bisa langsung diproses tidak lama, Jika area tidak padat biasanya STNK nya selesai atau terkadang paling telat 2 sd 3 hari tergantung SAMSAT di wilayah sobat.

Dan STNK serta Plat Nomer baru sudah terbit.
Tidak harus cek fisik lagi. Seandainya rada telat itupun BPKB nya karena untuk validasi data saja.

Demikian jawaban saya, makasih sudah berkunjung di blog saya.

pindah alamat itu sudah termasuk didalam bbn ya mas?

berarti ketika 3 hari lg saya datang. plat dan stnk sudah terbit ya mas.

setelah sudah terbit. apalagi yang harus saya lakukan mas.?

trmksh mas

pindah alamat itu sudah termasuk didalam bbn ya mas?

berarti ketika 3 hari lg saya datang. plat dan stnk sudah terbit ya mas.

apa yg harus saya lakukan ketika selesai terbit itu mas?

Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

setelah terbit apa lg yg harus saya lakukan mas?

setelah terbit apa lg yg harus saya lakukan mas?

Gak ada Bang, artinya slesai tinggal ngambil saja,

makasi mas. aku lihat profil mas dipalembg ya.... makasi bnyk mas atas jawabannya

Sama sama, iya saya blogger dari Bumi Sriwijaya Palembang,
terima kasih atas kunjungan aktifnya diblog saya, jika punya saran untuk kebaikan blog ini dikemudian hari silahkan saja.

Sekali lagi terima kasih untuk semua pengunjung setia blog ini.

Permisi,
Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
“ppob /online nasional”
Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
Hubungi info lengkap: www.fastpaynasional.com
Hp:081334560101

gan , kalo stnk asli nya hilang karena dulu pas perpanjangan lupa di ambil,,
tapi surat pkb nya masih ada dan sudah di bayar..
itu gmna gan,, apa bisa di buat stnk baru ato gmna?

gan , kalo stnk asli nya hilang soalnya dulu lupa di ambil watktu perpanjangan dulu ,
tapi surat pkb nya masih ada.. itu bisa buat stnk baru at gmna gan?

Loh kok bisa STNK nya tidak diambil waktu membayar pajak?

Jika STNK hilang harus buat laporan hilang dahulu dari kepolisian baru bisa diurus proses membayar pajaknya.

Tapi jika BPKB ( bukti kepemilikan jendaraan bermotor ) yg hilang, prosesnya rada ribet, pajak kendaraam tidak bisa diproses.

Coba deh bro ke SAMSAT tanyakan kembali ke bagian Arsip, mudah mudahan masih ada BPKB dulu yg tertinggal..
Nanti akan di cek fisik untuk dicek validasi bukti kepemilikannya.


selamat siang pak.... saya dulu punya BPKB asli mobil ... tapi BPKB tersebut hilang... lalu setelah diurus... diterbitkan lah BPKB duplikat..dan nomer plat nya sendiri akan habisa masa berlaku nya bulan november tahun 2014....
pertanyaan saya....apakah ada cara untuk mendapatkan nomer plat baru SEBELUM HABIS masa berlaku plat mobil saya...sehingga saya mendapatkan BPKB yang baru (yang asli) ..kalau ada ...bagaimana prosedur nya ?
terima kasih

slamat siang.. saya mau tanya soal mutasi plat mobil nama ke plat mobil baru....saya pernah punya BPKB asli utk mobil tersebut...tetapi sekarang sudah hilang.. dan sudah diterbitkan BPKB duplikat nya, sedangkan plat mobil saya berlaku sampe dengan November 2014....pertanyaan nya.. apakah saya bisa mengganti plat mobil saya dengan plat nomer plat yang baru sebelum habis masa berlakunya ?

Mohon maaf sebelumnya, untuk mendapatkan plat Nomor kendaraan Baru sesuai keinginan, bisa saja tanpa harus menunggu waktu plat lama habis masa berlakunya, ada prosedurnya dan bisa ditanyakan langsung ke petugas SAMSAT, itu juga jika plat pesanan belum ada yang menggunakannya,

Ddemikian sobat jawaban dari saya.

Min klo mau byar pjak 5 tahunan sbelum masa berlaku habis bs ga?sekitar 5 bulan lebih awal.skalian sm pajak tahunan nya jg.

Kenapa mesti dicepetin tuh? biar gak repot ya?
Bisa dibayarkan saja di kantor SAMSAT di kota sobat.

mas,mo tanya, KTP sdh hbs masa berlakunya, skrg lg proses perpanjangan.Apakah perpanjangan stnk 5 thnan dan gnti plat-nya bisa menggunakn surat keterangn dr kelurahan/kecamatan?klamaan nunggu ktp yg baru cz alamat rumah pindah..takutnya nnt mlh keburu exp stnk & platnya..mksh

Seharusnya bisa, tapi dengan catatan masih dengan alamat yang sama pada BPKB atau STNK, tapi jika KTP baru dengan alamat baru harus diberi keterangan dahulu dari Kec. ( catatan ) pindah alamat.

mas mau nanya , saya mahasiswa perantau yg ingin beli motor bekas di kota tempat saya skrg kuliah ,tapi saya masih bingung cara BBNnya gimana ya? soalnya sya udh KTP dari kota asal saya , apakah bisa saya BBN dgn mnggunakan kartu identitas sementara (KITAS) yg stiap tahunnya saya perbarui, mohon bantuannya mas, makasih..

mas mau nanya ,saya mahasiswa perantau ,trus saya ingin beli motor bekas di kota saya skrng kuliah, tapi saya masih bingung proses BBNnya, apakah bisa saya BBN menggunakan kartu identitas sementara (KITAS) yang saya perbarui tiap tahunnya? soalnya saya sdh punya eKTP kota asal saya mas, mohon bantuannya, Makasih...

Bro..BBN harus sesuai domisili dimana KTP berada,..kenapa gak beli dari daerah asal sobat saja baru dibawa ke kota sekarang sobat tinggal.? repot memang tapi memang harus begitu, BBN dengan ( BPKB/STNK) atas nama pribadi harus sesuai dengan KTP asal.

Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

Siang, Mau tanya kalau mau bayar pajak kendaraan si bos, ada 2 langsung yg mau dibayar pajaknya, surat kuasanya mesti buat sendiri-sendiri atau bisa digabung jd 1 surat kuasa??

Kalau mau bayar pajak kendaraan ada 2 yg 1 mobil 1 lg motor, itu punya boss, mesti buat surat kuasa berapa ya?

Tidak harus surat kuasa mbak selagi Bos Mbak menyertakan KTP dan kelengkapan lainnya sesuai nama yang tertera pada BPKB dan STNK..tersebut..

This Blog Member Of : DMCA, Kaskus, Viva, Lintasme, Kompasiana
Semua materi dalam blog ini asli tulisan Admin Cybermales, Copy Paste Silahkan Saja Asal ada link balik ke arah postingan asli dari Blog ini.

back to top