Senin, 16 April 2012

Musim hujan telah tiba, musim ujian sekolah juga telah tiba, dan musim banjir juga telah tiba. Peristiwa dan tradisi tahunan di negeri ini dikala musim penghujan adalah banjir dan tanah longsor, rame rame para ahli dan para pembicara adu mulut di Televisi saling tunjuk saling salah dan saling tidak mau disalahkan. Mulai dari pejabat pemerintah maupun ahli lingkungan hidup.

Bermacam argumen dari tahun ketahun dan selalu itu itu juga, mulai dari kesalahan tata kota, drainase yang tidak lancar, sampah yang menumpuk sampe padatnya lingkungan kumuh yang menghambat laju air hujan jadi sasaran kesalahan. semua paling hebat klo nyari kesalahan tapi tidak ada yang paling hebat memberi jalan keluar yang baik, alesan klasik yang tidak asik jadi kesimpulannya "musibah dan kehendak alam"..kacau.

Hujan kok dibilang musibah, apa tidak pernah baca klo "Tuhan menurunkan air hujan itu sesuai dengan kadar dan keperluannya" jadi tidak mungkin Tuhan main numpahin air sembarangan, semua sudah sesuai sama yang dibutuhkan.Nah manusia sendiri terkadang dikasih kemarau panjang mengeluh, bukan memanfaatkan waktu kemarau untuk memperbaiki saluran sungai dan membuatkan tempat lalulintas air nantinya disaat musim hujan. Sedia diri sebelum datang musim Hujan, bukan setelah banjir baru berpikir cari solusi dan pamer argumen.
basket air 

Yang tetep menarik dari setiap musim hujan ada suka dan cerita duka biasanya. yang duka klo tanah longsor, tambak jebol, kampung dan jalan raya banjir yang mau sekolah dan ngantor harus angkat sepatu, dorong mobil atau motor, dan buat anak anak selalu ada kegembiraan disaat banjir, semisal menangkap ikan gratisan dari tambak yang jebol, berenang dilorong yang kebanjiran, main perahu perahuan bahkan ada yang main basket, lho kok bisa..? namanya basket air, bola gak harus dipantolin kelantai cukup saling lempar dan masukin keranjang..yang penting asiknya musim banjir, banjir emang sudah banjir bermain ya tetep bermain..gak harus selalu mengeluh toh karena hujan.



0 comments:

Poskan Komentar

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini