Senin, 21 Januari 2013

Hasil kerajinan rumah pengisi waktu senggang yang menguntungkan dari kain flanel. Itulah kerajianan kain flanel yang banyak ditekuni para cewek diwaktu santai dirumah, dari hasil kreasi dan motif yang dihasilkan dari kain flanel Kesannya sangat unik menarik bahkan imut dan menggemaskan. semua karena perpaduan warna warni dan bahan kain flanel yang lembut. Saya Encisun Author pada blog cybermales ini mencoba berbagi pengalaman dari kreasi bahan kain flanel.

Kain flanel terbuat dari serat wol dan campuran bahan lain, lalu dikompresi melalui proses pemanasan dan penguapan,  tanpa ditenun. proses inilah yang membuat karakteristik flanel menjadi berbeda dengan kain lainnya.  Kalau di Indonesia disebut "FLANEL" saja, tapi nama sebenernyanya kain FELT ( kain Flannel  )





Yang menarik dari kain flanel ini  mulai dari warnanya yang variatif dan menggoda mata sehingga sangat cocok produk anak-anak dan remaja. karena banyaknya pilihan warna membuat kain flanel gampang dan mudah dikombinasikan dengan bahan lainnya. Kain flanel terdiri dari yang tebal dan tipis,corak kain flanel ada yang polos satu warna dan ada yang bermotif atau bercorak. Lalu kain fanel yang cocok untuk membuat kerajinan flanel? Kain flannel atau kain felt yang digunakan adalah yang berwarna polos dengan ketebalan sekitar 0,2 mm. Biar mudah digunting dan gampang dibentuk sesuai pola yang akan dibentuk.

Ditoko penjual kain Flanel biasanya tersedia dua macam yaitu kain flanel China dan Flanel Korea.
Menurut saya kualitas Flanel Korea memang lebih bagus dari flanel china dan harganya pun hampir sama.
Dari selisih harga kain flanel Korea dengan kain flanel Cina sekitar Rp.2000. Tinggal sobat mau pilih bahan kain flanel yang buatan mana. jika untuk latihan beli saja yang buatan cina.




Ada juga kain flanel KW1 atau KW2, itu sebutan yang berbeda dari toko penjual kain flanel dalam memasarkannya. juga cara menyebutnya. Tidak perlu bingung nanti juga pengalaman, sebenernya sebutan KW1 identik dengan kualitas kain Flanel Korea dan KW2 untuk kain Flanel China. Beda KW1 (korea) dan KW2 (china). Untuk kain flanel Korea seratnya lebih rapat, sedangkan flanel China lebih berserabut.


Untuk memulai kreasi dan membuat motif flanel cobalah untuk melihat dan mencari inspirasi dari contoh flanel yang ada. Bisa juga melihat contoh motif dan kreasri flanel yang ada dalam postingan ini. Alat yang dibutuhkan untuk Membuat Kerajinan dan kreasi Kain Flanel.

1. Gunting
Ada beberapa jenis gunting yang digunakan: gunting kertas, gunting kain dan gunting zigzag.
Kalau gunting kertas dan gunting kain, untuk gunting Zigzag bentuknya mirip seperti gunting biasa tapi giginya berbentuk zigzag.  Gunting zigzag biasanya digunakan untuk memotong bagian pinggir hiasan kain flanel agar hasilnya bergerigi alias berbentuk zigzag.

2. Kertas
Kertas HVS atau kertas karton fungsinya untuk menggambar pola atau motif kreasi flanel atau menjiplak pola atau kertas yang sedikit tebal dan agak kaku untuk membuat pola flanel.
Bisa juga kertas karton bekas kemasan makanan kotak susu atau kotak sepatu atau disesuaikan saja.

3. Alat Tulis berupa pulpen, penggaris dan pensil.

4. Pisau cutter, benag dan jarum tangan.
Untuk jarum antara lain jarum jahit, jarum sulam dan jarum pentul.

5. Lem plastik bakar atau lem tembak serta lem UHU.
Glue gun atau Lem tembak atau lem plastik bakar bentuknya seperti pistol dan terhubung dengan listrik.
Lem tembak biasanya digunakan pada saat melekatkan kain flanel dengan aksesoris berbahan besi, karet, plastik dan kayu.
Lem bening UHU berfungsi untuk merekatkan bagian sisi flanel.

6. Tali Kur
Tali kur atau tali kasur atau tali emas atau tali biasa untuk gantungan hp.

7. Bross
Bross besi untuk untuk ditempelkan pada boneka flanel atau bross flanel.

8. Hiasan rambut wanita.
Untuk hiasan rambut yang banyak digemari seperti jepit rambut flanel, bando flanel atau pita flanel,

9. Gantungan Kunci Flanel.

Gantungan kunci flanel bisa berbentuk ring besi, gantungan tali handphone dan gantungan kunci biasa.
Carilah bahan gantungan kunci yang tidak mudah berkarat.

10. Magnet Flanel.
Ini digunakan untuk kreasi dari flanel yang bisa ditempelan pada Kulkas. Bentuk magnet bulat dengan berbagai ukuran.

11. Tali Kur
Untuk membuat flanel yang bisa ditempelkan pada Kaca.
Pada kreasi flanel ini ditambahkan tali kur lalu dikaitkan dengan boneka flanel.
Bisa dijadikan hiasan kaca, hiasan mobil, pintu atau ditempel di cermin kamar.

12. Bando Kosong

Untuk membuat bando flanel sebagai hiasan dikepala anak anak.
Ada dalam banyak ukuran dan bentuk bando. Bando kosongan banyak diaplikasikan dengan hiasan kerajinan kain flanel.

13. Dakron dan bahan lain sesuai kreasi.

Cara membuat motif flanel dan pola pada kain  flanel :

Buatlah gambar pola dan motif pada kertas HVS atau kertan karton tebal.
Lalu gunting pola dan motif flanel yang telah dibuat, Untuk latihan cobalah yang ringan misalnya pola flanel bunga matahari seperti gambar dalam postingan ini. Pola flanel yang sudah berbentuk tadi dari hasil guntingan tadi ditempelkan pada kain flanel dan dijiplak dengan mengikuti pola flanel. Setelah dijiplak tinggal digunting kain flanelnya dilanjutkan proses menjahit dan pengeleman, Untuk bagian yang harus dibuat gembung seperti bulatan atau isi boneka flanel diisi dengan bahan dakron. Untuk iritnya bisa juga digunakan kapas sarinngan air akuarium, belinya ditoko penjual asesoris akuarium, kelebihannya bahan lebih mudah mengembang dibanding kapas biasa.

Nantinya jika sobat sudah terbiasa da menjadi mahir dalam belajar dari hobby membuat pola flanel ini bisa dijadikan bisnis sampingan, semisal bisnis souvenir pernikahan dan asesoris inspirasi yang menghasilkan uang. Ambil contoh satu buah hasil kerajinan flanel sobat jual mulai dari harga Rp.2000 dan dipesen orang 5000 biji, Berapan keuntungan yang bisa didapat? lumayan, siapa tahu hasil kreasi kerajinan flanel sobat terkenal dan berkualiatas pasti lebih banyak pesenan yang masuk. Celah wirausaha yang menjanjikan dan bisa dijadikan bisnis sampingan yang bisa dilakukan dirumah.

Demikian postingan mengenai cara membuat dan bahan kerajinan flanel ini. Saya Encisun Sebagai Author Blog Cybermales ini dan Izin dari admin blog ini berharap semua postingan dalam blog ini berguna untuk orang banyak, dan mohon kiranya untuk izin dalam copy artikel dari blog ini. Terima kasih dan mari saling menghargai sesama blogger khususnya Blogger Nusantara. Viva Blogger Indonesia.


1 komentar:

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini