Kamis, 13 Januari 2011


Siapa sih yang tidak mengenal facebook saat sekarang ini? situs jejaring sosial terbesar yang diramalkan bakal  melebihi  kepopuleran google. Sementara itu, kekayaan pendiri situs jejaring sosial Facebook Mark Zuckerberg nampaknya terus meningkat setiap tahun. Setidaknya itulah temuan majalah Forbes edisi terbaru.  Dalam urutan orang-orang terkaya di Amerika Serikat, Forbes kini menempatkan Zuckerberg di atas pemilik perusahaan komputer Apple, Steve Jobs.
Memang, dalam daftar itu, Zuckerberg baru menempati posisi ke-35. Namun, kekayaannya kini mencapai US$ 6,9 miliar atau meningkat 245 persen dibanding tahun lalu. Kekayaan pemuda 26 tahun itu bertambah secara siginifikan setelah masuknya investasi perusahaan digital Rusia Digital Sky Technogies sebesar US$ 200 juta.
Pengusaha muda ini sekarang sudah berhasil melampui ‘seniornya’ Steve jobs yang dengan total kekayaan mencapai US$ 6,1 miliar hanya menduduki peringkat ke-42.
Kekayaan Jobs tak hanya diperoleh dari Apple semata. Sumber harta lainnya adalah saham di perusaan film Disney, di mana Jobs membeli salah satu anak perusahaan Disney, Pixar tahun 2006 dengan harga US$ 7,4 miliar.
Sementara itu, rekan Zuckerberg sesama pendiri Facebook Dustin Moskovitz menjadi orang termuda yang masuk daftar 400 orang terkaya di AS.
Moskovitz yang lebih muda delapan hari dari Zuckerberg dan meninggalkan Facebook tahun 2008 adalah salah satu dari 16 nama baru dalam daftar ini. Kekayaan Moskovitz saat ini mencapai US$ 1,4 miliar dan menempati posisi ke-290. Sedangkan, pendiri Facebook lainnya Eduardo Severin yang masih memiliki lima persen saham situs jejaring sosial itu menduduki peringkat ke-356 dengan kekayaan US$ 1,15 miliar.
Bill Gates masih menjadi orang terkaya di Amerika Serikat. Daftar teratas orang-orang terkaya negeri Paman Sam masih dipegang oleh pemilik perusahaan perangkat lunak Microsoft, Bill Gates dengan kekayaan sebesar US$ 54 miliar. Namun, sejak Maret lalu posisi Gates sebagai orang terkaya di dunia digeser pengusaha Meksiko Carlos Slim.
Sedangkan investor Warren Buffet, duduk di urutan kedua orang terkaya di Amerika Serikat dengan kekayaan US$ 45 miliar.
Sementara itu, keluarga Walton pemilik jaringan toko Walmart masih tetap berada di dalam daftar 10 besar orang terkaya. Christy Walton di urutan keempat, Alice di kedelapan. Sedangkan Jim di posisi keenam serta Robson Waltin di peringkat sembilan. Keluarga Walton, sejak 2001 selalu berada di dalam daftar 10 besar orang terkaya ini.
Jika ditotal, kekayaan ke-400 orang terkaya di Amerika Serikat ini mencapai US$ 1,37 triliun atau kurang lebih sama dengan GDP Spanyol atau Kanada.
Negara bagian California menyumbang 83 nama orang terkaya, paling banyak dibanding negara-negara bagian lain. Sedangkan New York memiliki 64 nama, Texas 45 dan Florida 26 nama orang terkaya. Dan hanya terdapat 42 nama perempuan yang berhasil masuk daftar 400 orang terkaya di Amerika Serikat.

Jadi jangan percaya permainan politik pendiri facebook.com sepertinya ini cuma spekulasi pasar bisnis, 
keluarkan  statement uji di public kemudian liat reaksi baru analisa keuntungan.apalagi facebook pernah ditawar tinggi oleh Microsoft.

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Visitor

Popular Posts

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971