Kamis, 17 November 2011

Netbook tiba-tiba mengalami error operating system alias tidak bisa masuk Windows? ada cara mudah dan bisa dkerjakan sendiri bagaimana mengembalikan windows asli netbook atau windows default dari netbook. terkadang di tiap netbook sudah ada backup OS aslinya jika suatu saat OS rusak anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa menginstall ulang Sistem Operasi Windows netbook kamu..dan tiap netbook memiliki kode perintah  untuk merestore kembali Windows pada posisi defaultnya karena kebanyakan netbook tidak dilengkapi CD?DVD Rom.


Berikut kode rahasia dari tiap merek netbook untuk memperbaiki / recovery windows yang rusak :

1. Pihak Acer untuk mengatasi kerusakan tersebut adalah menginstall ulang atau merestore Windows XP original yang ada pada netbook tersebut dengan cara berikut ini:

Anda dapat menekan tombol Alt + F10 saat booting proses, yakni sesaat setelah logo acer muncul pada layar laptop anda hingga sebelum keluar notifikasi booting windows error.

Atau Anda dapat menggunakan aplikasi Acer eRecovery Management pada laptop anda dengan menekan menu di bawah ini, jika Anda dapat log in pada OS windows XP di laptop anda tersebut. Start >> All Programs >> Empowering Technology >> Acer eRecovery Management

Dengan kedua cara di atas Anda tidak perlu susah-susah menginstall Windows XP

2. Untuk Toshiba mengembalikan windows yang tertanam di hardisk pada laptop or netbook silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

    * Shutdown atau matikan laptop atau komputer.
    * Pastikan charger terpasang karena proses recovery bisa jadi berlangsung lama
    * Tekan angka 0 (nol) lalu nyalakan komputer dengan menekan tombol power, lepaskan setelah muncul pemberitahuan recovery muncul dilayar
    * Setelah permberitahuan recovery muncul, ikuti instruksi yang diberikan oleh Toshiba, karena setiap type berbeda instruksi lalu tunggu sampai selesai proses recovery

3. Untuk Asus Menggunakan Tombol F9 Partisi pemulihan memberikan solusi pemulihan komprehensif yang cepat mengembalikan perangkat lunak Anda Eee PC ke kondisi semula bekerja

Untuk menggunakan partisi pemulihan, cadangan file data Anda ke USB atau drive lain dan membuat catatan dari setiap pengaturan disesuaikan seperti pengaturan jaringan.

Nonaktifkan Booster Boot. Booster booting item dalam BIOS setup membantu eee pc untuk boot lebih cepat. Penguat boot harus dinonaktifkan sebelum menggunakan pemulihan sistem. Mulai eeepc dan tekan F2 pada bootup kunci untuk menampilkan layar posting. Sekali lagi tekan tombol F2 untuk masuk setup Bios. Nonaktifkan Booster Boot yang tersedia dalam tab "Boot". Tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi dan restart Eee PC 900HA.

    * Tekan tombol F9 saat bootup (memerlukan Partisi Recovery)
    * Klik tombol tanda centang untuk memulai pemulihan sistem.
    * Sistem ini dimulai pemulihan sistem secara otomatis dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemulihan.

Ini akan memakan waktu hanya 10 menit sampai 20 menit untuk mengembalikan Windows XP. File dan Data pada Drive C: akan hilang selama mengembalikan. Jadi mengambil cadangan dari file penting Anda sebelum melakukan pemulihan.

4. Untuk HP

    * Nyalakan komputer.
    * Ketika layar biru awal HP muncul Tekan "F10" tombol.
    * Sebuah menu akan muncul Pemulihan.
    * Klik "NEXT" dan kemudian klik pada "YA"
    * Sistem Anda sekarang akan pergi melalui pemulihan produk

37 komentar:

  1. Apakah Toshiba Sat L745 Windows 7 Hm Premiumnya tertanam dalam hardisk?
    soalnya saya gunakan cara diatas tidak berhasil, selalu masuk windows bajakan yang saya instal. mohon bimbingan.

    BalasHapus
  2. Sebenernya tergantung penjualnya ada yang di image dan ada yang tidak, cara mudah coba booting menggunakan master windows-xp nanti ketahuan ada partisi yang di hide tidak, klo tidak berarti trik diatas tidak bisa mending Clean install pake master windows7 nya, trus jalanin 7 loader gampang deh windows langsung genuine kok.

    BalasHapus
  3. setelah saya recover dengan MiniTool Partition Wizard Server Edition, ternyata ada sebuah partisi bernama HDDRECOVEY. dan sudah saya recover. tapi kenapa pada saat saya coba untuk HDD Recovery mode, tidak bisa booting. langsung booting ke windows bajakan yang saya instal. bgmna caranya mengembalikan agar Partisi HDDRECOVERY bisa booting lagi?

    BalasHapus
  4. Rasanya klo File dalam hddRecovery masih bagus dan tidak terinfeksi virus sebelumnya pasti automatic recovery berhasil.

    Itu juga klo emang Windows7 nya emang Ori dan sesuai licence Microsoft dan memang harus dipertahankan,klo tidak mending install ulang dengan yang bajakan trs di buat ori.

    BalasHapus
  5. Klo laptop acer asli bawaannya windows 7, karena yg punya kurang familiar dg windows 7 minta diganti win XP.

    nah Sekarang orangnya pengen dikembalikan ke originalnya win7, caranya gimana...?? sbb pakek Alt+F10 ndak bisa, klo dilihat installer winXP kelihatan partisi Recovery nya masih ada.

    Mohon pencerahannya... Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang pas install win XP di partisi ulang apa gk HDD-nya gan.?!!

      Hapus
  6. Gan saya udah berhasil install recovery laptop toshiba L745, tapi pas udah kelar semua saya matiin dulu tuh laptop dengan maksud install aplikasi yang lain nanti aja lagi. Nah pas mau lanjutin install, saya nyalain tuh laptop, tapi malah booting otomatis ke recovery lagi bukannya boot OS Wins7 Premium, Kenapa tuh gan.? Mohon pencerahan secapatnya.

    BalasHapus
  7. @wiens budpar,

    klo cuma balikin OS bawaan laptop yang lama gak perlu di partisi baru, yang jelas semua data yang ada pasti hilang semua seperti keadaan awal sobat menggunakan laptop yang baru dibeli..jadi data yang dianggap penting dibackup dulu.Klo sdh berhasil pastinya gak ada masalah, tinggal atur ulang di start up boot nya.

    BalasHapus
  8. permisi gan, numpang promo sedikit.hehehe
    bagi agan2 yang file recovery di hardisknya udah rusak atau kehapus ane sedia disk recovery nya, ada merk hp, asus, acer , dan toshiba ( stok paling banyak ). berminat bisa hubungi ane di 082336575360. terima kasih

    BalasHapus
  9. @Arifin, Yup...link balik juga kesini ya!!

    BalasHapus
  10. permisi gan.. ane juga bermasalah pada toshiba L745 kan sudah ane instal dengan win 7 yang baru.. udah instal semua driver dan aplikasi yang dibutuhkan gk masalahnya tapi begitu ane instal 7loadernya gk pernah bisa lagi booting ke hdd nya... tapi ane pindahin hddnya ke notebook yang lain ternyata massih jalan normal dan tidak masalah.. karena penasaran ane coba juga pindahin hdd dari notebook lain yg udah di installengkap juga tidak bisa booting di toshiba L45.. mohon gan pencerahannya

    BalasHapus
  11. @Brid Than,

    Coba pasang antivirus dahulu sebelum menjalankan windows 7 loadernya, ada kemungkinan sduah diinjeksi files virus, coba antivir yang 2012 deh.

    Kemungkinan lain, coba masuk setting biosnya,
    setting pada bagian prosessornya..
    dan setting hdd pada IDE jangan AHCI.

    Kebanyakan masalah L745 ada pada Capasitor nec tokin yang letaknya dibawah soket prosesseor.
    Masalah yang sering timbul terkadang mirip dengan yang sobat alami.

    Jika agak parah akan sering BSOD dan terkadang laptop hanya bisa jalan dengan batere dan jika adapator terpasang tidak akan bisa membooting OS.

    demikian sobat, silahkan dicoba setting biosnya dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika agak parah akan sering BSOD dan terkadang laptop hanya bisa jalan dengan batere dan jika adapator terpasang tidak akan bisa membooting OS.

      nah klo udah gitu gimana cara balikin sprti semula?? laptopku udah bisa booting hanya pakai batrai abis itu adapatornya dipasang balik ke laptop, setelah turn off/restart settingan BIOS nya kembali ke AHCI, lewat IDE semakin lama koq semakin lambat kinerja laptopnya.. Mohon bantuanya

      Hapus
    2. Masuk ke blog saya :

      http://skema-notebook.blogspot.com/2014/12/cara-mudah-memperbaiki-notebook-toshiba.html

      Hapus
  12. mohon pencerahan...
    klo untuk netbook advan gimana caranya bos?
    terima kasih

    BalasHapus
  13. Salam dahsyat. Trimakasih sararannya untuk cara recovery asus eeepc win7str. Nah skarang mohon pencerahan. Kenapa tdk bisa langsung masuk windows? Berhenti di windows boot mamwager dulu nunggu d enter baru jalan.? Makasih banyak

    BalasHapus
  14. Salam hebat~makasih atas sarannya recovery asus eeepc sya pake win7 starter. Skarang ada sdikit masalah saat booting tdk mau langsung ke tampilan windows tapi berhenti dulu di windows boot manager. Baru stelah tekan enter mau masuk ke tampilam win7 nya. Makasih pencerahan nya.

    BalasHapus
  15. kalo laptopnya dell? apa tombol recoverynya?

    BalasHapus
  16. Gan kalo instal ulang filenya yang di my computer apa ikut hilang ?

    BalasHapus
  17. Jika menggunakan recovery seperti bawaan toshiba biasanya datanya lenyap, karena dikembalikan ke mode Factory, jika cuma sisipam pada hdd
    bawaan, biasanya ada opsi cuma merestore system saja atau memformat partisi hdd,

    Jika cuma install ulang biasanya tidak hilang cuma foldermya saja yang berubah sesuai akun yang aktif.

    BalasHapus
  18. m,as kalo netbook asus gak masuk bios tapi langsung minta pasword ,, gmana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Password mesti di Reset ( Clear ) dulu pada setting biosnya agar proses bisa berjalan.

      Hapus
  19. bagaimana mengintal netbook samsung tanpa menggunakan flashdisk..,.,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling mudah bisa menggunakan external dvdrom..

      Hapus
  20. gan, ane habis reset, ternyata C dan D hilang
    yang lebih parahnya lagi, sistem "e recovery" hilang
    bagaimana ya cara mengambalikannya?
    terimakasih

    BalasHapus
  21. kalau kode untuk axioo gimana caranya
    krna leptop ku tak keluar tampilan windows

    BalasHapus
  22. Notbook saya thosiba, pakai win 7 ori, tp setelah saya pakai clean aktivator win 7 maka win 7 nya kembalijadi trial..nah bagaimana cara kembalikan lagi win 7 nya jadi ori ? apakah ada cara lain selain reinstal os dengan cara mengetahui produk key ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca posingan saya yang ini

      http://aspal-putih.blogspot.com/2013/03/cara-menghilang-tulisan-windows7-not.html

      Hapus
  23. Maturnuwun gan, ilmunya sangat manfaat....

    BalasHapus
  24. Terimakasih gan kunjung balik ke = bektang.blogspot.com

    BalasHapus
  25. komputerku muncul recovery dan restart berulang2 mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  26. laptop asus saya di instal ulang win10 pro bajakan sekarang saya pengen balik lagi ke win10 single home yg sudah terhapus,gmn caranya ya gan? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah coba cara diatas blum? Klo gak berhasil kemungkinan besar partisi OS nya sdh kehapus wkt install baru, jadi mesti install ulang pakek Windows 10 single home yg sesuai keinginan sobat.

      Hapus

Arsip Blog

Visitor

Popular Posts

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971