Selasa, 15 November 2011

Biduran ( urtikaria ) atau kaligata adalah benjolan merah muda atau kemerahan atau bagian pada kulit yang sedikit menonjol. Kadang kala mereka terlihat agak pucat di tengah. Biduran biasanya gatal, tetapi mereka juga terasa membakar dan menyengat.


Biduran atau kaligata merupakan nama lain dari penyakit kulit urtikaria, dimana tanda kelainan kulitnya adalah timbul bentol-bentol kemerahan, sangat gatel dan sering disertai rasa tertusuk dan panas, dan dasar penyebabnya adalah “Atopi

Atopi adalah suatu keadaan/kelainan alergi yang sifatnya diturunkan dari dalam suatu keluarga dengan manifestasi penyakit seperti: dermatitis atopik (radang kulit yang sifatnya berulang-ulang, kelainan kulit ruam yang timbul pada tempat-tempat tertentu dengan tanda-tanda khas sesuai umur bayi, anak atau dewasa), urtikaria (biduran), asma, sering pilek dan bersin sampai hidung mampet, biasanya terdapat pula tanda dan gejala yang ada pada penderita tersebut yaitu:buras di wajah, lingkaran mata yang gelap, kulit kering dan wajah agak pucat.

Biduran bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, dengan bentuk dan ukuran yang beraneka ragam. Mereka bisa berbentuk kecil-kecil seperti gigitan nyamuk atau besar dan terlihat seperti piring makan. Biduran juga bisa terlihat seperti cincin atau kelompok-kelompok cincin yang bergabung bersama. Biduran bisa timbul dalam kelompok dan bisa berubah tempat hanya dalam hitungan jam. Biduran bisa timbul di muka orang dalam jumlah banyak dan lalu hilang.

Kemudian, bentol-bentol tersebut akan timbul di lengan.
Biduran adalah hal yang biasa – antara 10-25% orang pernah mengalami, paling tidak sekali dalam hidupnya. Mereka biasanya tidak berbahaya, walaupun terkadang mereka bisa merupakan tanda dari reaksi alergi yang serius.

Istilah medis untuk biduran adalah urticaria. Ketika seseorang terkena sesuatu yang bisa memacu biduran, beberapa sel di dalam tubuh melepas histamin dan zat-zat lain. Hal ini menyebabkan bocornya cairan dari pembuluh darah kecil dibawah kulit. Cairan ini akan membentuk bintik ketika berkumpul di bawah kulit, yang lazim disebut biduran.

Mengapa Saya Terkena Biduran Kaligata?

Orang bisa terkena biduran dari banyak alasan yang berbeda. Sering kali penyebabnya tidak diketahui. Satu alasan umum untuk terkena biduran adalah suatu reaksi alergi. Beberapa pencetus alergi yang umum adalah sejumlah makanan (seperti susu, kerang-kerangan, buah berry, dan kacang), obat-obatan (seperti antibiotik), dan tersengat atau tergigit serangga. Penyebab-penyebab lain yang tidak berhubungan dengan alergi termasuk:
.Terkena dingin (seperti menyelam pada kolam yang dingin)
.Olah Raga
.Terkena sinar matahari
.Stress atau gelisah
.Infeksi yang disebabkan virus
Apapun penyebabnya, kasus biduran dapat berlangsung selama beberapa menit, beberapa jam atau bahkan berhari-hari.

Penyebab (pencentus) biduran adalah :

1. Bahan yang sering berkontak dengan tubuh misalnya sabun cair, sabun antiseptik, hand and body lotion yang tidak sesuai, bedal salicyl, dll
2. Makanan tertentu misal ikan laut (cumi, udang)
3. Obat seperti golongan penisilin, penghilang rasa sakit, sulfa, tetra, dll

Dokter biasanya bisa mendiagnosa biduran dengan hanya melihat kondisi anda dan mendengar cerita anda tentang apa yang terjadi. Dokter akan mencoba membantu untuk mengetahui penyebab biduran anda, meskipun sering kali penyebabnya akan tetap menjadi sebuah misteri. Kalau biduran anda banyak, atau reaksinya serius, dokter anda akan mengirim anda ke dokter lain yang mempunyai spesialisasi di bidang alergi.

Kadang kala, dokter akan menganjurkan anda untuk mengkonsumsi salah satu tipe obat-obatan yang disebut antihistamin untuk menghilangkan rasa gatal. Di banyak kasus, biduran akan sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat-obatan atau kunjungan ke dokter.


Jarang terjadi, biduran dapat merupakan tanda dari reaksi alergi yang lebih serius yang dapat mempengaruhi pernapasan dan fungsi organ lain. Dalam kasus-kasus seperti ini, seseorang butuh pertolongan medis sesegera mungkin. Obat yang disebut epinefrin ini, diberikan dengan cara suntikan. Biasanya, suster yang menyuntik, akan tetapi karena beberapa reaksi alergi dapat terjadi dengan cepat, banyak orang dewasa dan anak-anak yang membawa suntikan emergensi ini, dan tahu bagaimana menggunakannya, kalau-kalau mereka membutuhkannya segera.

Dapatkah Saya Mencegah Biduran?

Bisa dan tidak. Jawabannya adalah ya apabila anda tahu penyebabnya.
Beberapa anak terkena biduran ketika mereka terpapar virus, seperti batuk pilek yang parah, atau flu perut. Selain mencuci tangan anda secara teratur, tidak banyak yang dapat anda lakukan untuk bisa mencegah penyakit. Berita baiknya adalah, biasanya biduran tidaklah serius dan anda mungkin tumbuh dengan pernah mengalaminya. Lagipula, siapa yang tidak mau memecat biduran dari hidupnya?

Biduran pada dasarnya dapat disembuhkan dan lamanya tiap orang berbeda, tergantung jenis obat yang diberikan oleh dokter dan ketaatan pasien minum obat, serta menghindari faktor penyebab timbulnya biduran.

Cara menemukan faktor penyebab biduran  adalah dengan mencatat obat, makanan, atau bahan yang ketika digunakan atau dikonsumsi menyebabkan timbulnya biduran.

Ada cara sederhana / tradisional untuk mengobatinya, berikut caranya;

Balurkan tubuh dengan minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon. Untuk ramuan minumnya, 1 (satu) jari temulawak dipotong-potong, beri sedikit gula merah, dan garam direbus dengan air 1 (satu) gelas air. Saring, dan bila sudah dingin diminum 3 kali sehari 3/4 gelas.

1.  CTM, Incidal, Aerius, Homoclomin 10mg, Telfast 180mg.
    CTM n Incidal gk ngaruh. yg paling lama bertahan Aerius 3 Hari.
    Terus saya coba obat Tradisional, Diasepin pke Tiker yg dibakar(bertahan 2 hari), minum air bara batok kelapa (1 minggu)

2.  Empedu trenggiling, beli ditoko obat cina nanti sama tokonya di bubukin terus dimasukan ke kapsul.

3.  Minum air kelapa 3x sehari (kelapa hijau/wulung, jenis kelapa yg bagian sabutnya berwarna pink. kelapa ini bisa dipesan di tukang es kelapa).

4.  Konsumsi obat, Lacomin: ni obat susah nyarinya,4 biji cm 1500, memang tidak menyembuhkan secara permanen tp bisa menghilangkan biduran dgn cepat stlh mengkonsumsinya

5.  Makan kuning telur, kemudian minum air kapur (biasanya rendaman gamping tp yg sudah agak lama) (yang sudah bening.

6.  Kunyit dibakar, diparut, Kasih kapur sirih sedikit, Kasih madu,Diminum …

7.  Pake Kalmethason ditambah dengan frendnisolone dan Heptasan ( baiknya resep dokter )

8.  Minum Histapan (resep dokter)

9.  Minum CELESTAMIN ( resep dokter )

10. Minum wedang jahe merah……

    * Ambil 1-2 genggam daun randu (daunnya saja lho, tangkai, batang pohon, dan akarnya ga usah!).
    * Rebus daun dalam 2 liter air.
    * Rebus sampai mendidih, warna daun akan berubah jadi hijau tua.
    * Campurkan air beserta daunnya ke dalam kurang-lebih 10 gayung air mandi.
    * Remas-remas daun randu dalam campuran sampai keluar lendir/minyaknya. Jangan buang daunnya
    * Bilaslah tubuh dengan air rebusan daun randu tersebut. Syukur-syukur kalau bisa berdiri di atas ember, sehingga airnya bisa dipakai berulang-ulang.
    * Kalau yang sakit adalah anak kecil, pakailah ember bak, sehingga anak bisa berendam.
    * Ambillah daun randu di bak, kemudian gunakan sebagai sabun, gosok-gosok sambil remas-remaslah daun di seluruh kulit tubuh.
    * Bilas lagi seluruh tubuh, lalu keringkan dengan handuk.

11. Minum Mengkudu dan Wortel di blender disaring direbus tambah gula dan madu.

12. Minum air temulawak selama 3 hari.

13. Minum INTERHISTIN. (resep dokter)

14. 1 butir telur ayam kampung ( diambil Kuningnya) + Dua Siung/ pangkal (seukuran jempol tangan) Kunyit/(kunir=jawa) diparut diambil airnya kira2 50cc, tuangkan sisanya Air DoGAN( kelapa Muda hijau) hingga (150cc) seukuran gelas sedang, Aduk hingga rata kemudian di minum.

15. Minum air dari perasan 250 gram biang kunyit segar / 1 sdm kunyit bubuk
    1/2 (setengah) jeruk nipis / lemon (peras ambil airnya)
    1 sdm madu

16. Bakar / panggang kunyit segar – kupas kulitnya – potong kecil2 – blender dgn 400 ml
    saring – campur dgn madu + perasan jeruk (buat 2 gelas @ 200ml)
    Minum pagi sesudah sarapan dan mau tidur selama 1 bulan.

17. Minum dexamethason 0.75 mg produksi Hansa (warna biru). Dosis 0.5 tablet (anak2) – 1 (dewasa) tablet, 3 x sehari. kalau dah hilang gak usah minum lagi.

Semoga bermanfaat jika ada pengalaman lain berbagi aja disini.

33 komentar:

  1. makasih gan infonya... bagi netter yang ingin dapat obat biduran bisa kunjungi blog ane dengan klik nama ane

    BalasHapus
  2. ambil rumah tawon yng dari tanah (sering nempel di dinding) di bakar, lalu di gerus, hangat-hangat taburkan di kulit yang terkena bidur/kaligata

    BalasHapus
  3. Terimakasih info obat penawarnya sehingga bisa bermanfaat bagi yg membutuhkan.

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas info obat bidurannya smoga teman saya yg membutuhkannya bisa segera sembuh.

    BalasHapus
  5. Terimakasih info obat penawarnya sehingga bisa bermanfaat bagi yg membutuhkan.

    BalasHapus
  6. Saya biduran, kadang2 sampe terasa sesak di dada.

    BalasHapus
  7. Terima kasih buat komentar yang sudah masuk disini, terima kasih juga atas apresiasinya..semoga bisa saling membantu buat sesama..

    BalasHapus
  8. terimakasih ryan. info ini sangat detail dan bermanfaat.

    BalasHapus
  9. @yulisukmasetyowati..

    Sama sama mbak, semoga bermanfaat juga buat yang lain karena penyakit seperti ini sering banyak dialami disini, gak enak jadi saya sharing pengalaman waktu kecil dulu biar orang lain bisa terbantukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara di atas di coba satu2 atau salah satu saja? karena saya sudah 1 tahun lebih terkena biduran, dan sudah pergi kedokter mana saja tdk sembuh2, sampai tidak percaya lagi dengan obat2, karena sudah puluhan macam obat saya coba.

      Hapus
    2. cara di atas di coba satu2 atau salah satu saja? karena saya sudah 1 tahun lebih terkena biduran, dan sudah pergi kedokter mana saja tdk sembuh2, sampai tidak percaya lagi dengan obat2, karena sudah puluhan macam obat saya coba.

      Hapus
  10. saya terkena biduran sudah lama, tapi ga pernah sampai ke muka, cuma di daerah tubuh aja, kadang2 bangun pagi sudah mulai kayak di gigt nyamuk dan terus menerus sampai malam... biasa nya org terpicu baru kambuh, kalau saya benar2 tidak tahu apa pemicunya, karena hampir tiap jam ada bentolan di tubuh saya dan menghilang dan kemudian muncul lagi di lain tempat, paha, tangan, betis, badan, dll. dan sudah setahun lebih saya kena penyakit ini, sudah pergi kedokter mana pun tetap saja tidak sembuh, dokter pun suruh pergi check up gigi, tetapi saya tidak pernah sakit gigi, akhirnya saya pergi tambal gigi walaupun lubang itu pun masih kecil dan menkonsumsi obat nya, tetap saja tidak sembuh... cara2 yang di atas itu di coba semua nya atau salah satu saja? terima kasih telah berbagi, kalau bisa teman2 sekalian bisa berbagi kasus kalian juga. thanks

    BalasHapus
  11. saya sering biduran sampai ke muka2 dan bisa sampai berhari2.
    obat yg paling ampuh yg mana ya ?

    BalasHapus
  12. buruan klik namaku... entar dapat solusi bagi yang kena bidur

    BalasHapus
  13. asumsi minum kopi jg suka terasa lagi

    BalasHapus
  14. makasih infonya sangat bermanfaat sekali nih sob..
    kalau ada waktu mampir ke-Blogku ya :)

    BalasHapus
  15. oh ya sob 1 lg obat ampuh biduran khas orang banjar dan terbukti ampuh, pake Air garam kasar dicampur sama abu gosok diaduk sampai cair garam nya lalu mandikan dan rasanya sangat adem, lalu tunggu beberapa menit dan hasil nya pasti kamu gak percaya bentol2 nya berangsur hilang dan gak gatal lg, (usahakan saat mandi air td jangan dilap dgn handuk biarkan kering dibadan) thanxs.

    BalasHapus
  16. diperjelas, ambil air 1 gayung, garam kasar 2 sendok makan, abu gosok 1 genggan aja, dicampur diaduk sampai rata dan cair garamnya, lalu disaring dgn saringan halus (saringan teh juga bs) ,setelah itu dimandikan keseluruh badan dan jangan dilap dgn handuk, biarkan saja kering dibadan, obat jadul ini pemberian kakek saya (kakek saya tabib) silahkan dicoba, karna saya sudah membuktikanya. Oh ya jika smbuh saya cuma minta syarat seiklasnya ,transfer aja pulsa Axis 083197989250 saya seiklas hati kamu, gak dksh jg gk papa, yg penting ucpkn trima ksh dan doa buat almrhm kakek saya . Thanxs

    BalasHapus
  17. paman saya (sudah almarhum) juga dulu pernah diserang kaligata atau biduran.... sekujur tubuhnya hitam .... berbagai macam pengobatan sudah dilakukan tetapi tidak pernah sembuh. akhirnya paman saya melakukan operasi kulit di Klinik Tong Fang dan akhirnya paman saya alm. michael jacson sembuh total. warna kulitnya menjadi putih. Terimakasih Tong Fang.

    BalasHapus
  18. terima kasih infonya membantu sekali, semoga kaligata saya bisa cepat sembuh.

    BalasHapus
  19. saya udh 3 minggu kaligata tapi munculnya saat malam dan pagi haru saja apakah itu berbahaya padahal saya sudah di bawa ke dokter dan meminum obar yang di kasih oleh dokter tapi tidak ada reaksi apapun apakah ini sudah berbahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kaligata atau galigata memang menyerangnya disaat disaat cuaca dingin, itupun karena kondisi badan tidak sehat, istilah kampungnya darah lagi dingin,

      Jika sudah kedokter pastinya Dokter kulit sudah tahu, dan biasanya ada injeksi yang cepat atau suntikan..Dan biasanya keesokan harinya galigata tidak menyerang lagi atau sembuh total.

      Jika harus memakan obat melalui mulut biasanya memang memakan waktu lama tidak langsung sembuh, tapi coba untuk sabat,, atau sobat bisa coba deh salah satu obat tradisional yang alami dalam postingan diatas.

      Untuk obat untuk harus dengan resep dokter harus konsultasi dulu Dokter kulit sobat. Bisa juga ada cara tradisinal yang lain seperti salah satu komentar sahabat diatas..

      Jika bisa stop dulu makan makanan yang berminyak seprerti kacang kacangan, dan cobalah untuk meminum air hangat disaat cuaca dingin..moga cepet sembuh.

      Hapus
  20. Makasih infonya. bermanfaat sekali. tiga minggu erakhir biduran saya tiba-tiba muncul lagi. Belum tahu penyebabnya. Lagi cari cara penyembuhan. Eh nemu di sini. sip dah. tinggal dicobain. Moga bisa segera baikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga cepat sembuh deh, makasih atas kunjungannya kawan..

      Hapus
  21. Makasih infonya gan....ini penyakit bner aneh banget, susah lagi ilangnya...siang ilang malem dateng lagi..arrrgghhh pokoknya tks sharingnya :)

    BalasHapus
  22. saya juga biduran.. udh ampir 2 bulan ibi,, apa obanya ya gan? tersiksa bgt

    BalasHapus
  23. Makasih mbak sudah berkunjung ke blog saya. dicoba deh tips diatas, bisa juga tips dari teman lain, semoga lekas sembuh.

    BalasHapus
  24. Thanks bnget infonya berguna banget.... :)

    BalasHapus
  25. Skrg ak lg ngalamin nih yg nma'y biduran.. gatel'y bukan main.panas lg,d garuk trus mnerus malah perih.ak mo coba salah 1 tips'y.mdh2n sembuh.aamiin

    BalasHapus
  26. Anda ingin memiliki masalah kulit? bingung harus konsultasi dengan dokter?
    Anda ingin tampil lebih cantik tanpa masalah di kulit wajah?
    Ingin baca artikel seputar kecantikan kulit? atau tanya jawab seputar kesehatan?
    kunjungi dokter kulit dhelya widasmara di Malang.
    More Information : website dokterkulithelya.com

    BalasHapus
  27. Aku jga kena biduran,tp aneh nya,kulit saya klu saya cubit dan biduran akan timbul di area yang d cubit itu tadi,!! Kadang saya urut tagan/atau kaki, ,ehh degan hitungan menit langsung tu biduran nonggol,,tlg penjelasan nya kawan2,,makasih

    BalasHapus

Arsip Blog

Visitor

Popular Posts

Donate To Me On Paypal

https://www.paypal.me/riyanto1971