Senin, 15 Agustus 2011

Komedo merupakan sebentuk Kotoran penyumbat pori-pori yang berbentuk umumnya kecil dan berwarna hitam atau putih. wajah halus terlihat kotor dan kusam jika sudah dirasuki oleh komedo tersebut. Komedo muncul akibat terjadinya penumpukan minyak berlebih (sebum), serta sel kulit mati.

cara-jitu-menghilangkan-komedo


Komedo terbagi atas 2 jenis

1. Blackhead (komedo terbuka), tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara.

2. Whitehead (komedo tertutup), berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, tampak seperti benjolan kecil-kecil di bawah kulit.

TIPS MENGHILANGKAN KOMEDO

1. Kenali jenis kulit. Biasanya, komedo mudah muncul pada kulit wajah berminyak. Dengan mengenali jenis kulit, Anda bisa lebih mudah memilih produk pembersih wajah yang sesuai.

2. Pilih pembersih yang tepat, yang dapat membuat kulit wajah benar-benar bersih, segar, dan kenyal. Beri toleransi waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang Anda gunakan.

3. Pilih pelembab yang cocok. Bagi kulit normal dan berminyak, gunakan pelembab oil free. Sebenarnya, tubuh memiliki sistem alami yang bisa mengatur kelembaban kulit.

4. Hindari produk comedogenic. Produk lain yang bisa menimbulkan komedo adalah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, shampo berbahan ginseng, dan kondisioner. Perlu diketahui, bedak padat merupakan produk yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Penggunaan bedak padat terlalu lama tak hanya menimbulkan komedo, tetapi juga jerawat.

5. Hidup sehat dan cukup gizi. Cukup tidur dan istirahat, hindari stres. Hal ini mungkin terdengar klise, namun coba terapkan hal kebiasaan ini, dan lihat hasilnya.

6. Facial menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara tuntas dan tepat. Lakukan facial secara berkala dan setelah masa haid. Hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar sebasia selama masa haid, yang memproduksi minyak lebih aktif.

7. Batasi mengonsumsi cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga matang, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), gorengan, santan, dan daging berlemak.

8. Jika tak sabar dan ingin segera menghilangkannya, pergi saja ke dokter kulit. Biasanya, dokter akan menganjurkan untuk facial dan memberikan obat tertentu. Jika komedonya sudah sangat banyak, dokter akan menggunakan bantuan teknologi laser.

Yang perlu dilakukan atau tips menghilangkan komedo secara alami :

1. Gunakan putih telur
Ambil sedikit putih telur, tempatkan di wadah, kocok hingga berbusa. Oleskan di sekitar hidung atau bagian wajah yang berkomedo. Tutup dengan tisu. Biarkan hingga benar-benar kering. Lepaskan tisu secara perlahan. Di bagian dalam tisu, akan terlihat bintik-bintik komedo yang terangkat.

2. Scrub sayur dan masker kacang
Blender selembar daun kailan, selembar daun seledri, ¼ buah apel, campur dengan perasan jeruk lemon. Usapkan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu bilas.

Uapi wajah dengan air panas yang telah diberi 1 sdm garam. Biarkan 10 menit. Uap air garam akan membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler di bawah kulit dan memperlancar peredarah darah ke kulit.

Campur sari kacang kedelai dan kacang polong, gunakan sebagai masker, diamkan 30 menit, bilas. Gunakan beberapa kali.

Kalau hanya sekedar membaca tips menghilangkan komedo ini tanpa praktek yakin dech komedonya akan tetap nangkring dan tidak hilang hehehe... agar lebih oke lagi baca juga yang terkait tentang tips komedo

Beberapa bahan alami bisa menjadi solusi komedo. Ikuti cara-caranya, seperti dilansir dari Ehow:

Garam

Cuci wajah Anda sehari sekali menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. Garam akan mengurangi minyak berlebih, dalam kata lain membantu menghilangkan komedo.

1. Menggunakan Putih Telur. Dari 1 butir telur ambil bagian yang berwarna putih saja. Tempatkan pada wadah kosong lalu kocok hingga berbusa. Setelah itu oleskan hasil kocokan tersebut pada bagian wajah yang ada komedonya lalu tutup dengan tisu basah (seperti menggunakan masker). Ada baiknya sebelum dan sesudah penggunaan masker putih telur wajah dibersihkan dengan air hangat.

2. Menggunakan Bubuk Gelatin, Susu Cair dan Putih Telur. Penggunaan bahan ini tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama. Jadikan 1 susu cair dan putih telur tersebut dan campur hingga merata lalu panaskan. Diamkan sejenak hingga hangat. Setelah itu baru campurkan putih telur hingga merata. Sudah? Oleskan pada wajah yang ada komedonya. Dan sekali lagi, usahakan sebelum dan sesudah penggunaan masker ini, wajah dibersihkan dengan air hangat.

Pasta gigi

Oleskan sedikit pasta gigi di daerah berkomedo untuk mengurangi bengkak akibat minyak berlebihan.

Jeruk lemon

Peras jeruk lemon dan balurkan airnya di atas komedo, biarkan semalam. Sifat asam jeruk lemon akan mengurangi minyak di area berkomedo dan membantu menghilangkan komedo.

Lidah buaya

Patahkan batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya ke area berkomedo. Lidah buaya akan menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Hasilnya, kulit lebih segar tanpa komedo.

Es batu

Usapkan es batu di sekitar area berkomedo sekira 10 menit. Cara ini akan membuat pori-pori kulit mengecil hingga komedo tidak mudah menembusnya.

Putih telur

Campurkan sebutir putih telur lalu tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 20-30 menit. Bersihkan dengan air hangat. Cara ini dilakukan untuk mengurangi komedo sekaligus membantu mencegah kemunculan komedo baru.

Bit

Campurkan buah bit dengan sedikit air sehingga membentuk seperti pasta. Balurkan ke wajah dan biarkan selama 30 menit. Lakukan sekali sepekan untuk kulit halus bebas komedo.

Air putih

Minum lebih banyak air putih. Air putih membantu membersihkan sistem pencernaan dan membuat kulit lebih bercahaya.

Follow by Email

Blog Archive

Site Info

Total Kunjungan Ke Blog Ini